Senin, 01 Maret 2010

HBA Panen Raya Padi Inpari



SAROLANGUN, MS
BELUM lama ini, Bupati Sarolangun, Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) melakukan panen raya padi inpari. Panen yang dilakukan orang nomor satu di Bumi Sepucuk adat serumpun pseko, ini merupakan panen pertama se Indonesia di tingkat penangkar padi inpari. Hadir dalam acara yang berpusat di Gapoktan Pemancar, Kelurahan aurgading, diantaranya Kadis Pertanian Provonsi Jambi, Abu Sucamah, serta para pejabat di lingkungan Pemkab setempat.
Selain panen raya, HBA juga mengecek sekaligus meresmikan Pos informasi dan pelayanan agen hayati (Pos Ipah) Gapoktan Pemancar. Pos Ipah adalah sentra penyedia produk sekaligus penyelenggara pelatihan atau magang petani di Kabupaten Sarolangun.
Dalam kesempatan itu, HBA dan rombongan sekaligus meninjau lokasi sentra percontohan pengolahan pupuk organic Tricho kompos dan kandang pengembang biakan itik petelur yang dikelola Gapoktan Pemancar. Dalam kesempatan itu, secara simbolis, menyerahkan sejumlah bantuan srana pertanian kepada Ketua Gapoktan Pemancar.
Kadis pertanian Provinsi Jambi, Abu Sucamah, dalam sambutannya memuji keberhasilan program gerakan serentak turun ke sawah (gerunwah) yang dicanangkan Pemkab sarolangun. “Panen raya padi jenis Inpari merupakan yang petama kalinya di Indonesia,” kata Abu Sucamah, mengajak masyarakat agar serius mengelola pertanian.
Sementara Bupati Sarolangun, HBA, mengucapkan terima kasih kepada Kadis Pertanian Provinsi, Kadis Pertanian Sarolangun dan masyarakat, yang telah banyak berperan menyukseskan program Gerunwah, sehingga Kabupaten Sarolangun surplus beras tahun 2009. Di tahun 2010, HBA akan mengupayakan beras lokal dapat beredar di pasar Sarolangun dan luar daerah. “Salah satu simbol kebahagiaan bagi pemimpin daerah adalah ketika melihat padi menguning panen meningkat dan rakyat hidupnya makmur,” ujar HBA. (Aang Kunaepi)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*